APEL SEBAGAI TERAPI OBAT UNTUK JANTUNG


” Serangan jantung menyerang seperti kilat, walau pun jalan ke arah itu telah dipersiapkan selama bertahun-tahun melalui endapan-endapan berlemak pada arteri-arteri koroner Anda. “
(Doug Dollemore)
Di keranjang buah-buahan, buah pir cenderung lebih lekas matang ketimbang apel. Akan tetapi, ketika bicara soal jantung, pir dan apel menggambarkan dua macam bentuk tubuh yang berbeda- buah pir adalah label bagi orang yang awet muda. Sayangnya, menurut para editor majalah Mens Health, kebanyakan laki-laki kegemukan cenderung memiliki bentuk tubuh seperti buah apel ( dengan kelebihan berat menumpuk di bagian tengah ) alih-alih seperti buah pir ( dengan lemak di sekitar pinggul ). Penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa kalau tubuh Anda berbentuk apel, berisiko lebih tinggi terhadap serangan jantung, selain diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi.
Mengapa perut buncit begitu berbahaya ? Tidak seorang pun tahu dengan pasti. Salah satu teori dalam hal ini adalah bahwa lemak perut lebih mudah diubah menjadi kolesterol. Tidak peduli apapun penyebabnya-lah, para pakar kesehatan menganjurkan Anda mengurangi berat tubuh yang berlebihan. Satu hal yang perlu dicamkan: Untuk mengurangi risiko yang Anda tanggung, ukuran pinggang Anda tidak boleh lebih dari 90 persen ukuran pinggul. Entah Anda berpendapat bahwa kegemukan berarti tidak menarik, yang jelas bahayanya nyata sekali bagi kesehatan Anda. ” Apabila Anda kegemukan, jantung harus bekerja keras untuk mengangkut bahan makanan ke sel-sel di seluruh tubuh, ” kata James Martin, M.D, dokter keluarga di Institute for Urban Family Health di Beth Israel Medical Center di New York City.
Beban berlebihan pada jantung itu khusus-nya bisa mengkhawatirkan bila Anda telah mempunyai beberapa faktor risiko lain yang dapat mengundang penyakit jantung, misalnya kadar kolesterol di atas normal atau tekanan darah tinggi. ( Kelebihan berat badan juga memperbesar kemungkinan tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi). Ok friends, mulailah mengurangi kelebihan lemak tubuh itu dengan lebih memilih makanan rendah lemak dan berolahraga lebih banyak. Antara lain dengan mengkonsumsi teh, bawang, cokelat dan apel sebagai pelindung jantung Anda. Begitu, kata penelitian yang dilakukan di Belanda dan dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition.
Rajin makan apel dan minum teh
Sebaiknya, Anda rajin-rajin-lah minum teh, sering-sering makan apel dan bawang. Ketiga tumbuhan ini rupanya dikodratkan mengandung semacam antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid. Zat ini berperan mereduksi penyakit jantung koroner. Penderita yang minum empat gelas teh tiap hari berhasil mengurangi risiko kematian sampai 45 persen. Penderita yang saban hari makan sebuah atau lebih apel lebih mujur lagi : berhasil mengurangi risiko kematian 51 persen.
Flavonoid adalah antioksidan, komponen ampuh untuk menetralisir aktifitas radikal bebas yang bersifat merusak organ tubuh sehingga menimbulkan penyakit. Di dalam apel dan teh, terdapat catechin ( bagian dari flavonoid ) yang menjadi komponen utamanya.
Lembaga kesehatan masyarakat dan lingkungan nasional di Bilthoven, Belanda, telah melakukan riset terhadap 806 orang. Mereka mengkonsumsi catechin sebanyak 72 gram, setara dengan empat buah apel sehari atau dua cangkir teh dengan sepotong kecil cokelat, hasilnya konsumsi catechin yang banyak bisa membantu mengurangi risiko meninggal akibat serangan jantung.
Jus apel juga boleh…
Kalau Anda lebih suka mengkomsumsi apel dalam bentuk jus juga oke. Jus apel murni ternyata memiliki nilai gizi lebih bagus dari yang dikira sebelumnya. Para peneliti di Pusat Medis Davis Universitas California, berdasarkan hasil risetnya mendapatkan, antioksidan dalam jus apel mampu menurunkan kadar kolesterol buruk ( low density lipoprotein / LDL ) dan melindungi tubuh dari penyakit jantung. Dalam laporan di Life Sciences disebutkan, para peneliti menguji enam merek jus apel murni tanpa gula, kulit apel, daging buah apel serta apel red delicious utuh. Kadar senyawa fenol dalam berbagai jus dan ekstrak apel itu bervariasi, namun semuanya bersifat menghambat oksidasi LDL.

 

0 Responses to APEL SEBAGAI TERAPI OBAT UNTUK JANTUNG